Blog

Hati-Hati! Jangan Terlalu Sering Membersihkan Telinga

Telinga sudah diciptakan oleh Yang Maha Kuasa sedemikian rupa, sehingga memiliki sistem kebersihannya sendiri. Salah satu bagian dari telinga adalah bagian yang dapat menghasilkan kotoran telinga. Banyak sedikitnya kotoran telinga, berbeda-beda pada masing-masing orang. Kotoran telinga ini memang terkadang sering membuat rasa tidak nyaman seperti gatal. Tetapi, tahukan Anda jika terlalu sering membersihkan telinga dapat berbahaya?

Luka Pada Liang Telinga

Membersihkan telinga, selain bertujuan untuk menghilangkan kotoran telinga, bagi sebagian orang juga merupakan sebuah kegiatan yang mengasyikkan. Oleh sebab itu, hal ini berakibat pada rasa ketagihan ketika membersihkan telinga. Padalah terlalu sering membersihkan telinga bisa mengakibatkan liang telinga menjadi luka atau lecet. Jika terjadi luka, maka bisa berdampak pada infeksi gendang telinga. Infeksi gendang telinga ini akan mengganggu pendengaran Anda.

Dapat Berakibat Sakit Kepala

Jika Anda terlalu sering membersihkan telinga, maka dapat berakibat luka pada liang telinga dan akan merambat ke organ tubuh lainnya. Anda juga bisa mengalami sakit kepala yang luar biasa. Sebab syaraf yang menghubungkan ke telinga, bisa mengalami gangguan. Selain itu, dampak terparahnya adalah wajah Anda menjadi tidak simetris akibat terjadinya kerusakan saraf facialis yang ada di dalam telinga.

Telinga Ditumbuhi Jamur

Liang telinga yang letaknya di terlindungi oleh daun telinga menyebabkan tidak dapat terkena sinar matahari. Hal ini dapat berdampak pada tumbuhnya jamur. Hal ini juga dapat menjadi semakin parah, jika Anda terlalu sering membersihkan telinga hingga membuatnya luka. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membersihkan telinga sendiri di rumah terlalu sering. Jika Anda mengalami hal ini, maka biasanya dokter akan memberikan salep penghilang jamur.

Pendengaran Yang Mulai Menurun

Terlalu sering membersihkan telinga bukan berarti kondisi telinga semakin bersih. Padahal. Semakin sering membersihkan telinga justru produksi kotoran telinga akan semakin meningkat. Membersihkannya dengan cotton bud juga dapat menyebabkan kotoran telinga akan terdorong masuk ke dalam liang telinga. Semakin sering Anda membersihkan kotoran, maka akan kotoran telinga pun akan semakin terdorong ke dalam. Hal ini, akan membuat pendengaran Anda berkurang. Sebab, gelombang suara tidak dapat tersampaikan dengan baik.