Blog

List Film Indonesia Yang Menembus Ke Kancah Internasional

Masih ingat dengan film Indonesia “the raid brandal”? Di cinemaindo, salah satu karya sutradara asal Indonesia ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitas filmnya, baik dari segi alur cerita, efek, serta pemain-pemain yang memang handal dalam peran masing-masing. Film yang dibintangi oleh iko Uwais ini sudah menembus kancah internasional dan begitu terkenal kala itu. Dan karena saking terkenalnya, film ini telah memiliki 3 sekuel yang langsung menyedot perhatian para penonton setianya. Yakni “the raid”, “the raid 2: brandal”, serta “the raid 3”.

Lalu, Film Apa Lagi Sih Yang Langsung Masuk Ke Kancah Internasional?

Hal tersebutlah yang menjadi awal perubahan image film Indonesia dari sisi kancah Internasional. Di cinemaindo, film Indonesia dari generasi, ke generasinya memang memiliki perbedaan dan ciri khasnya sendiri. Saking bedanya, ternyata hal tersebut bisa membawa film Indonesia ke hal yang positif juga membawa nama baik Indonesia.

Seperti misalnya film yang mungkin sekarang masih terngiang di telinga kita, yup apalagi kalau bukan film Dilan 1990 yang sukses membawa nama Indonesia ke kancah internasional berikutnya di dunia perfilman. Film ini sukses ditayangkan di beberapa negara, seperti di Malaysia, Jepang, Singapura, bahkan sampai ke New York, Amerika serikat.

Namun, di balik itu semua ada beberapa film Indonesia yang masuk ke kancah internasional bahkan sampai terkenal, namun tidak di negara sendiri. Diantaranya ada: film berjudul “SITI” yang disutradarai oleh eddie cahyono. Film ini menceritakan sebuah kisah seorang pemandu karaoke bernama siti yang frustrasi akibat kisah rumah tangganya.

Film yang diproduksi dengan warna hitam putih ini sukses mendulang ketenaran dan berbagai penghargaan internasional, diantaranya sebagai sinematografi dan naskah film terbaik di kategori new Asia talent competition festival di Shanghai. Penghargaan lainnya di Singapore international festival tahun 2014 untuk pemeran SITI. Ada yang lainnya yakni film berjudul “turah”. Film yang diproduksi oleh fourcolor ini menggunakan bahasa tegal Jawa tengah, yang mana sukses memenangkan 3 kategori di kancah internasional. Diantaranya ada geber Award serta netpac Award yang diadakan di acara Jogja-netpac Asia film festival. Sekian mengenai cinemaindo.