Blog

Serba Serbi Waralaba Atau Franchise

Memiliki bisnis yang berkembang dan berjalan dengan baik adalah impian bagi para pelaku bisnis. Sayangnya, tidak semua pebisnis dapat mewujudkan hal tersebut mengingat persaingan yang saat ini kian semakin ketat. Untuk membangun bisnis dari awal, pelaku bisnis perlu menyiapkan  berbagai strategi agar bisnisnya dikenal oleh khalayak ramai dengan sangat baik. Dengan demikian, bisnis akan dapat berjalan dengan baik dan dapat bertahan dari banyaknya persaingan yang ada.

Perhatian Sebelum Memulai Waralaba

Di lain sisi, terdapat salah satu cara memulai bisnis yang sudah dikenal oleh masyarakat luas yaitu dengan menjalankan bisnis waralaba. Bisnis waralaba atau franchise merupakan bisnis yang dijalankan dengan menjalin kerja sama antara penyewa dengan pemilik bisnis  yang sudah memiliki brand terkenal. Pelaku penyewa bisnis memulai bisnis dengan brand yang sudah ada kemudian membuka bisnis tersebut di lokasi yang berbeda. Berbagai brand bisnis terkenal di Indonesia biasanya diwaralaba kepada penyewa untuk meningkatkan perkembangan bisnis tersebut.

  1. Franchisor yang tepat

Sebagai seorang penyewa, sangat dianjurkan untuk berhati-hati ketika kita akan memulai bisnis dengan cara waralaba. Hal tersebut untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tak diharapkan ketika menjalankan bisnis waralaba tersebut. Memilih franchisor yang tepat harus kita lakukan sebaik mungkin agar bisnis yang kita jalankan sesuai dengan passion ataupun kemauan kita.

  1. Kontrak

Sebelum kesepakatan bisnis waralaba berlangsung kedua belah pihak akan melakukan kesepakatan kontrak yang berisi aturan dan batasan dari bisnis waralaba. Biasanya pihak franchisor akan menyediakan sumber daya, tenaga, management bisnis, dan pelatihan kepada franchise agar dapat menjalankan bisnis tersebut dengan baik.  Meskipun demikian, kita tetap harus memperhatikan detail-detail kontrak dengan baik agar tidak memberatkan berbagai pihak.

  1. Modal

Memulai bisnis waralaba cenderung membutuhkan banyak modal untuk membayar biaya sewa bisnis waralaba. Selain itu, kita juga harus dapat menemukan tempat yang strategis untuk memulai bisnis waralaba tersebut. biaya sewa yang dibayarkan kepada pihak franchisor saja bukanlah jumlah yang sedikit. Terlebih untuk biaya persiapan lainnya sebelum bisnis benar-benar dapat dijalankan. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis waralaba tersebut.