Aneka Tips

Perkuliahan Di STAN

Banyak sekali ternyata anak-anak remaja yang ingin masuk STAN tetapi merasa takut tidak sanggup menjalaninya. Mereka takut berhenti di jalan karena tidak kuat dengan didikan keras yang harus dijalani semasa kuliah. Apalagi, didikan militernya yang terkenal tidak mudah untuk dilewati begitu saja. meskipun sudah gabung bimbel dan pasti  bergaransi masuk stan dan uang akan dikembalikan jika tidak lolos, tetapi tidak jarang dari mereka yang kemudian mundur untuk berkuliah di perguruan tinggi kedinasan satu ini. Sayangnya, minimnya pengetahuan masyarakat mengenai perkuliahan di STAN membuat perguruan tinggi kedinasan satu ini memiliki image seperti itu.

Persiapkan Mental Ini Jika Ingin Masuk STAN

Image militer yang melekat pada diri STAN, memang sering dikhawatirkan masyarakat meskipun sudah mengikuti bimbel yang memberi garansi masuk stan serta bergaransi uang akan dikembalikan jika tidak berhasil lolos. Padahal, tidak perlu ada yang ditakuti untuk masuk STAN. Memang STAN menerapkan sistem semi militer, tetapi hanya untuk jurusan kepabeanan dan cukai, bukan untuk seluruh jurusan yang ada di STAN.

Mental yang harus disiapkan bukan mental militer. Mereka hanya diwajibkan untuk tekun dan serius selama pembelajaran berlangsung. Pihak STAN tidak mau jika sampai ada mahasiswanya selama pembelajaran berlangsung tidak serius atau menyontek selama ujian. Anda cukup menyiapkan mental ini jika ingin masuk dan bertahan di STAN.

Perkuliahan di STAN untuk program d3 akan dilaksanakan selama 6 semeter atau setara dengan waktu kurang lebihnya 3 tahun. STAN terletak di Bintaro, Tangerang Selatan dan di Rawamangun, Jakarta Timur khusus untuk jurusan bea cukai. Lalu untuk program d1 masa perkuliahan hanya dilaksanakan dalam 2 semester atau kurang lebihnya hanya menghabiskan waktu selama 1 tahun.

Bedanya dengan perkuliahan di perguruan umum lainnya terletak pada seragam. Di univ lain seragam tentu bebas, di Stan mahasiswa harus menggunakan seragam. Pada hari Senin dan rabu, mahasiswa wajib menggunakan kemeja putih dan bawahan berwarna hitam. Kamis menggunakan batik, sedangkan Jumat dan Selasa menggunakan kemeja berwarna cerah bawahan hitam. Tentu ini tidak masalah karena Anda pun telah membiasakan diri untuk berseragam ketika menginjak bangku SMA.

Nah, jika Anda tertarik masuk STAN, ada bimbel yang sangat baik untuk Anda. Seperti yang sudah di katakan sebelumnya, bimbel ini memberi garansi masuk stan dengan catatan uang akan dikembalikan jika tidak lolos. Menarik bukan?